stellasetyabudhi

BiNusian weblog

XML @ SOA

November25

XML ( eXtensible Markup Language )

X ML adalah sebuah bahasa yang terdiri dari pasangan tag yang diakhiri dengan kurung siku seperti bahasa HTML di world wide web. XML mempunyai beberapa karakteristik yang dapat mendukung SOA, XML mempermudah sistem yang berbeda untuk saling berkomunikasi, seringkali XML dipakai software dan hardware vendor sebagai standarisasi dalam berkomunikasi.

Web Service
Dialek dari XML yakni sebuah sistem software yang di design untuk mendukung interaksi interoperasi dari satu mesin ke mesin yang lain di dalam jaringan . Web service mempunyai interface format yang dapat diproses mesin WSDL ( Web Service Description Language) , sistem lain dapat berinteraksi dengan web service menggunakan SOAP messages ( HTTP-XML dan Web-related standard W3C ) . Sehingga interface dapat di-registrasi dengan UDDI ( Universal Description , Discovery , and Integration ).
Web service menyediakan mekanisme untuk instruksi peng-alamatan dari dokumen ,pesan maupun intermediasi cekpoint. Semua ini mempermudah standarisasi struktur kebijakan- kebijakan proses di dalam SOA.

Penerapan SOA di dalam organisasi dapat memberikan tantangan dalam menjawab kebutuhan service yakni menjadi agile organization. Di dalam siklus hidup SOA membutuhkan kombinasi fungsi struktur organisasi antar departemen3

XTT
Salah satu feature dari XTT framework adalah automasi data binding. Framework mengatur elemen data ke Java Swing control , yang dibutuhkan untuk visual control, sehingga developer tidak perlu lagi untuk menulis logic yang sama untuk setiap form.

XTT in the SOA architecture

XTT in the SOA architecture

Di dalam konteks Service-Oriented Architecture , XTT berperan sebagai plugin interface yang mengkomunikasikan beberapa pekerja di dalam bisnis service interface.
 XTT Server
Bagian fisikal dari XTT yang berfungsi menyampaikan komunikasi antara bisnis service interface dan dikembangkan sebagai servlets dan dapat mengakses bisnis proses melalui local konteks dari server aplikasi.
 XTT Client

2 Comments to

“XML @ SOA”

  1. On January 7th, 2010 at 10:26 pm mile Says:

    XTT framework didesain khusus u/ java platform ya?

  2. On January 20th, 2010 at 10:29 pm UK Software companies Says:

    Interesting,
    This is the first place i have ever found that tells what xml stands for…eXtensible Markup Language… makes sense…
    Thanks for bringing this up,
    Keep up the good work,

Email will not be published

Website example

Your Comment: